Sejarah Singkat Wiski Irlandia


Sejarah Singkat Wiski Irlandia – Berasal dari istilah uisce beatha yang berarti ‘air kehidupan’ bahkan kata wiski memiliki akar bahasa Gaelik.

Sejarah Singkat Wiski Irlandia

maltmaniacs – Salah satu minuman suling paling awal di Eropa , rekor pertama wiski Irlandia berasal dari tahun 1405, sekitar 90 tahun sebelum pertama kali direkam di Skotlandia .

Setelah periode penurunan selama abad ke-20, wiski Irlandia sekarang menjadi minuman beralkohol yang tumbuh paling cepat di dunia.

Asal usul wiski secara luas diperdebatkan secara luas, tetapi telah dikemukakan bahwa para biarawan Irlandia mungkin telah mengambil keterampilan menyaring parfum saat dalam perjalanan ke Mediterania selama abad ke-11. Memproduksi wiski Irlandia berkembang dari hobi lokal menjadi industri pada tahun 1608, ketika Penyulingan Old Bushmills Irlandia Utara menjadi penyulingan wiski berlisensi pertama di dunia.

Skotlandia segera menyusul dan menghasilkan lebih banyak penyulingan Irlandia, terutama setelah pengenalan kolom yang masih ada pada tahun 1831, yang memungkinkan produksi lebih cepat dan lebih mudah dalam jumlah yang lebih besar. Terlepas dari dominasi ini, wiski Irlandia yang dibuat dari campuran jelai malt dan tidak malt dalam pot masih terus tumbuh dalam popularitas. Pada awal abad ke-20, itu adalah jenis wiski yang paling banyak dikonsumsi di Amerika Serikat .

Baca Juga : Wiski Terbaik Untuk Kado Hari Ayah

Perang Kemerdekaan Irlandia dan larangan di Amerika Serikat sangat berdampak pada industri wiski Irlandia, memutus akses ke dua pasar utama Inggris dan AS masing-masing. Produksi wiski di negara itu menurun, hanya menyisakan beberapa penyulingan yang buka. Pada tahun 1966, John Jameson menggabungkan bisnisnya dengan Cork Distillers dan John Powers , membentuk payung Irish Distillers Group . Sepuluh tahun kemudian, New Midleton Distillery dibuka di Cork , di mana banyak wiski Irlandia sekarang dibuat.

Penyuling Irlandia dibeli oleh penyuling Perancis Pernod Ricard pada tahun 1988, dan sejak itu popularitas wiski Irlandia telah melonjak. Irlandia mengekspor lebih dari 7 juta kasus wiski pada tahun 2015, meningkat satu juta pada tahun sebelumnya. Prakiraan pasar memperkirakan jumlah itu akan tumbuh menjadi lebih dari 10 juta kasus per tahun pada 2019. Penyulingan independen baru juga dibuka di seluruh Irlandia, termasuk pabrik Teeling Dublin , penyulingan pertama yang dibuka di kota itu dalam lebih dari 125 tahun.

Wiski Irlandia Yang Harus Anda coba

Wiski Irlandia sangat bagus untuk diseruput sepanjang tahun, tidak hanya pada Hari St. Patrick. Tapi kami selalu senang memiliki alasan untuk membeli botol baru, dan liburan bernuansa hijau sama baiknya dengan apa pun. Jameson mungkin adalah merek yang paling cepat muncul di benak Anda saat memikirkan roh dari Emerald Isle, tetapi ada banyak lagi yang pantas Anda kenal. Berikut adalah beberapa favorit kami.

Clontarf 1014 Wiski Irlandia

Disuling tiga kali dan disaring dengan arang, wiski campuran ini mudah diminum—halus dan agak manis, namun beraroma, dengan sedikit nada kayu ek dari tong bourbon yang sudah tua. Sebagai bonus, ini juga cukup mudah di dompet Anda; Anda harus dapat menemukannya dengan harga sekitar $20 per botol di sebagian besar wilayah.

Langkah kuat :

Clontarf juga memproduksi malt tunggal yang, meskipun tidak tersedia di Amerika, telah menerima medali emas di Kompetisi Roh Dunia San Francisco. Tanyakan dengan baik dan seseorang mungkin akan membawakan Anda suvenir lezat dari tamasya ke pantai yang lebih hijau .

Knappogue Castle Single Malt Irish Whiskey

Botol entry-level Knappogue Castle adalah malt tunggal berusia 12 tahun, dibuat secara eksklusif dari jelai malt dan disuling tiga kali dalam pot tembaga tradisional, dan disimpan dalam tong bourbon. Rasanya condong ke arah cerah, segar, dan buah.

Langkah kuat :

Sebotol tahun 1951, salah satu wiski paling langka yang pernah ada, dan dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu yang terbaik juga. Anda dapat mencoba seteguk di Pouring Ribbons di NYC, salah satu dari sedikit bar di dunia yang menjualnya.

Green spot

Berasal dari tahun 1887 tetapi hanya baru-baru ini tersedia di AS, wiski pot tunggal yang lezat ini diproduksi oleh penyulingan Midleton (lihat di bawah) berusia tujuh hingga sembilan tahun dalam tong sherry dan bourbon, dengan rasa yang mencakup apel, madu, dan kacang .

Langkah kuat :

Dapatkan juga sebotol saudara perempuan Bintik Hijau, Bintik Kuning yang berusia 12 tahun, dan bandingkan perbedaan rasanya.

Midleton Dair Ghaelach

Midleton, tempat penyulingan yang didirikan hampir 200 tahun yang lalu, membuat beberapa wiski paling terkenal di Emerald Isle, salah satunya adalah Jameson. Untuk membuat Dair Ghaelach yang sangat mewah , Midleton menggunakan beberapa cairan terbaiknya, berusia 15 hingga 22 tahun dalam tong bourbon, kemudian menyelesaikannya selama 10 bulan dalam tong kayu ek Irlandia baru yang terbuat dari pohon berusia 130 tahun; itu satu-satunya wiski Irlandia yang menggunakan kayu. Pohon ek Irlandia memberikan lebih banyak rasa vanila ke dalam wiski daripada yang dilakukan orang Amerika, menghasilkan wiski yang pedas, lembut, dan seperti makanan penutup. Label setiap botol ditandai dengan nomor pohon dari mana laras dibuat; Total pohon yang digunakan sebanyak 10 pohon.

Langkah kuat :

Percayalah, jika Anda berhasil mendapatkan sebotol wiski ini (yang langka dan juga akan menghabiskan $250 atau lebih), Anda telah membuat langkah kuat.

Teeling Trinity

Merek Teeling sudah ada sejak tahun 1782, dan baru-baru ini dibangkitkan kembali oleh keturunan Mr. Teeling yang asli. Rangkaian utama terdiri dari trio wiski: wiski campuran dalam jumlah kecil, selesai dalam tong rum; wiski biji-bijian tunggal, sepenuhnya matang di tong anggur California dan sangat buah; dan satu malt, dari 100 persen malt barley, dibuat dalam lima tong anggur yang berbeda: sherry, port, madeira, White Burgundy, dan Cabernet Sauvignon.

Langkah yang kuat: The 24 Tahun Vintage Reserve Single Malt, selesai di Sauternes casks meminjamkan buah emas lembut, baru saja dirilis dalam edisi yang sangat terbatas.