Perbedaan Rasa Wiski Campuran dan Tanpa Campuran


Perbedaan Rasa Wiski Campuran dan Tanpa CampuranWiski tanpa campuran telah menumbuhkan reputasi sebagai minuman dengan kualitas lebih tinggi daripada campuran.

Perbedaan Rasa Wiski Campuran dan Tanpa Campuran

maltmaniacs – Ini telah menyebabkan kesalahpahaman bahwa mereka juga lebih halus dan lebih beraroma. Namun sebelum Anda menganggap Dewars berada di bawah Anda, Anda setidaknya harus memberi wiski campuran kesempatan untuk mempertahankan diri.

Tidak dapat disangkal bahwa keragaman rasa terbesar memang berasal dari proses penyulingan pot tunggal tradisional. Bentuk wiski malt barley, yang berumur bertahun-tahun dalam tong kayu ek, menghasilkan scotch tanpa campuran klasik Skotlandia. Namun apa yang Anda beli hampir selalu merupakan campuran dari beberapa jenis wiski yang berbeda.

Baca Juga : Campuran Dan Bagaimana Wiski Dibuat

APA ITU VATTING VERSUS BLENDING

Perusahaan wiski berusaha sangat keras untuk menyembunyikan fakta bahwa vatting hanyalah cara yang lebih bagus untuk mengatakan pencampuran. Kebanyakan peminum tanpa campuran berada di bawah asumsi bahwa mereka minum satu wiski tunggal yang berasal dari satu tong. Kenyataannya adalah bahwa wiski berasal dari satu penyulingan tunggal, di mana berbagai tong digabungkan bersama untuk membuat campuran akhir.

Ini mungkin telah berumur untuk jangka waktu yang berbeda, dan bahkan berasal dari tong yang sebelumnya memiliki jenis roh yang berbeda, tetapi karena mereka berasal dari sumber yang sama, produsen menyebutnya sebagai tanpa campuran yang telah disaring.

Istilah wiski campuran mengacu pada jenis biji-bijian yang digunakan untuk memproduksinya. Sementara tanpa campuran secara eksklusif menggunakan jelai, wiski campuran dapat mengandung jagung, gandum hitam, dan bahkan gandum sebagai dasarnya. Mencampur ini bersama dalam berbagai proporsi adalah bagaimana Anda mendapatkan keragaman dalam rasa wiski.

Memadukan wiski memungkinkan penggunaan biji-bijian yang lebih murah, dan tidak memerlukan jumlah waktu yang sama untuk menua. Ini memungkinkan penyuling menghasilkan wiski campuran lebih cepat, dan dengan biaya lebih sedikit. Akibatnya, permintaan wiski campuran lebih tinggi, meskipun fakta bahwa tanpa campuran memiliki keunggulan rasa yang jelas.

BERAPA USIA ITU PENTING?

Usia satu malt sering menjadi nilai jual utamanya, tetapi ketika Anda kembali ke subjek vatting, menjadi jelas bahwa tong-tong wiski yang berbeda usia dikawinkan bersama untuk membentuk satu tanpa campuran. Penyuling akan menggunakan usia minimum wiski termuda untuk ditambahkan selama vatting. Jadi, saat Anda mengira Anda sedang minum scotch berusia 12 tahun, kenyataannya, itu mungkin jauh lebih tua. Jumlah setiap barel yang digunakan tidak mempengaruhi “usia” tanpa campuran sama sekali. Selama ada sejumlah kecil alkohol berusia 12 tahun yang ditambahkan, itu menjadi roh berusia 12 tahun.

BAGAIMANA RASA KONSISTEN DIPERTAHANKAN?

Setiap tong wiski memiliki rasa unik yang dipengaruhi oleh tong itu sendiri. Mengocok ratusan barel itu bersama-sama benar-benar memberi penyuling kendali lebih besar atas bagaimana rasa produk akhir. Dengan mengikuti resep dasar mereka untuk jenis barel, dan berapa lama masing-masing telah berumur, mereka dapat membuat penyesuaian halus untuk memastikan kualitas yang konsisten.

Seperti halnya anggur, lingkungan dapat memengaruhi rasa wiski. Dengan memadukan beberapa bersama-sama, penyuling dapat menghindari perubahan rasa produk mereka. Ini lebih sulit bagi produsen tanpa campuran, yang harus membuat spirit berbeda mereka menggunakan berbagai sumber independen.

Akibatnya, tidak ada dua tanpa campuran yang sama persis. Blender utama dimulai dengan resep umumnya, tetapi harus mengandalkan pencicip yang sangat terampil untuk mencapai rasa yang sedekat mungkin dengan hasil yang diinginkan.

Setelah batch selesai, pencicip secara membabi buta diberikan dua gelas dari batch sebelumnya, dan satu yang baru. Jika mereka dapat membedakan mana yang merupakan batch baru, penyuling belum mencapai konsistensi dan harus mencoba lagi. Hanya setelah pencicip tidak dapat mengidentifikasi campuran baru secara konsisten, penyuling akan melanjutkan dengan pembotolan produk akhir.

Penyuling tanpa campuran berada pada kerugian yang jauh lebih besar dari pembuat wiski campuran dalam hal menciptakan produk yang tidak dapat dibedakan. Untuk alasan ini, banyak yang terpaksa menua ribuan barel secara bersamaan untuk memiliki lebih banyak minuman keras yang tersedia untuk melakukan penyesuaian.

GLENFIDDICH SINGLE MALT SCOTCH WHISKEY

Salah satu distributor tertua dan paling terkenal dari wiski Scotch tanpa campuran adalah Penyulingan Glenfiddich. Didirikan pada tahun 1886, Glenfiddich dimulai sebagai penyulingan kecil yang mengandalkan peralatan bekas untuk produksi. Pendiri William Grant menjalankan bisnis keluarga kecil, yang menghadapi persaingan sengit dari perusahaan besar. Persaingan ini semakin intensif setelah Perang Dunia II, ketika selera beralih ke campuran wiski yang kurang canggih.

Namun, keluarga Grant bertahan, dan membuat keputusan pada tahun 1963 untuk memasarkan produknya di luar Skotlandia sebagai tanpa campuran yang ketat. Sementara beberapa orang menganggap ini bodoh, langkah itu ternyata bijaksana. Saat ini, Glenfiddich adalah produsen wiski tanpa campuran terbesar di dunia, dan salah satu dari segelintir penyuling yang masih dijalankan oleh operasi keluarga.

Sebagian besar penikmat malt akan mengakui bahwa citralah yang pertama kali menarik mereka ke dalam semangat, dan rasa yang membuat mereka bertahan di sana. Tidak dapat disangkal bahwa tanpa campuran memiliki rasa kuat yang berbeda yang dimaksudkan untuk dinikmati, tidak ditenggak dan dikejar. Bagi sebagian orang, ini adalah rasa yang didapat, membangun perlahan dengan hanya meminum tanpa campuran berkualitas tinggi dengan tidak lebih dari percikan air.

Reputasi tanpa campuran yang didambakan seharusnya tidak menghalangi Anda dari wiski campuran. Meskipun mungkin tidak tampak halus atau canggih, wiski campuran bisa sama halus dan kaya rasa. Ini juga lebih beragam, sehingga lebih mudah untuk menemukan merek yang membuat minum wiski menyenangkan bagi Anda. Wiski campuran berkualitas lebih tinggi bahkan dapat dinikmati sebagai bahan tunggal dalam minuman, sama seperti cara penyajian tanpa campuran.